-->

Cara Membuat Flowchart yang Baik dan Benar

Kuliah.site - Oke Guys, sesuai dengan judul posingan kali ini yaitu cara membuat flowchart yang baik dan benar. Sebagai seseorang yang terlibat dalam dunia komputer kita musti tau dong apa itu Flowchart. Oke, Flowchart itu apasih? Flowchart itu apa ya? untuk apa sih flowchart itu ? bagi yang belum kenal, maka sebelumnya kita musti kenalan terlebih dahulu dengan Flowchart...... Hay Flowchart, kenalan dong :D hhehe.

Oke Guys, mari kita simak pengertian flowchart :
Flowchart adalah bagan yang berguna untuk menunjukkan suatu alir (flow) dalam program atau prosedur sistem secara logika.

Bagi kita yang ingin membuat sistem, pada umumnya kita membutuhkan flowchart sebagai bahan analisa dalam melakukan perancangan sistem. Usahakan dalam pembuatan flowchart jangan sampai keliru atau salah dalam pembuatannya, karena hal tersebut berakibat tidak sempurnanya sistem atau program yang kita buat.

Flowchart terdiri dari beberapa simbol-simbol. Simbol tersebut berguna untuk menggambarkan hal yang dilakukan. Untuk membuat Flowchart, berikut ini simbol-simbol yang harus kita ketahui :

Simbol Flowchart Start / End
Simbol Flowchart Start / End (merupakan simbol yang digunakan untuk memulai Flowchart atau mengakhiri flowchart)
Simbol Flowchart Offline Connector
Simbol Flowchart Offline Connector merupakan simbol yang digunakan untuk mengoneksikan prosedur dalam lembar halaman yang terpisah (lembar lain)
Simbol Flowchart Connector
Simbol Flowchart Connector mirip seperti simbol offline connector hanya saja digunakan pada saat keluar/masuk prosedur atau proses dalam lembar halaman yang sama.
Simbol Flowchart Input / Output
Simbol Flowchart Input-Output merupakan simbol yang berguna untuk menggambarkan proses input atau output.
Simbol Flowchart Proses
Simbol Flowchart Proses merupakan simbol yang berguna untuk menggambarkan pengolahan/proses yang dilakukan oleh komputer.
Simbol Flowchart Manual Operation
Simbol Flowchart Manual Operation merupakan simbol yang berguna untuk melakukan pengolahan yang dilakukan secara manual (bukan menggunakan komputer).
Simbol Flowchart Decision / Kondisi
Simbol Flowchart Decision / Kondisi merupakan simbol yang berguna untuk melakukan seleksi percabangan pada alur logika program, sehingga akan menghasilkan beberapa kemungkinan jawaban/aksi.
Simbol Flowchart Predifined Process
Simbol Flowchart Predefined Process merupakan simbol yang berguna untuk mempersiapkan penyimpanan yang digunakan sebagai tempat pengolahan dalam memory. Simbol ini sering digunakan dalam perulangan FOR.
Simbol Flowchart Keying Operation
Simbol Flowchart Keying Operation merupakan simbol yang berguna untuk menggunakan mesin yang mempunyai keyboard.
Simbol Flowchart Magnetic-tape Unit
Simbol Flowchart Magnetic Tape Unit merupakan simbol yang berguna untuk menyatakan inputan yang berasal dari pita magnetic atau output yang disimpan ke pita magnetic.
Simbol Flowchart Punched Card
Simbol Flowchart Punched Card merupakan simbol yang berguna untuk menyatakan input yang berasal dari kartu atau dilakukan penulisan ke kartu.
Simbol Flowchart Disk and Online Storage
Simbol Flowchart Disk and Online Storage merupakan simbol yang berguna untuk menyatakan input yang berasal dari disk atau output yang disimpan ke disk.
Simbol Flowchart Display
Simbol Flowchart Display merupakan simbol yang menyatakan peralatan output seperti pada layar monitor, plotter, printer dan sebagainya.
Simbol Flowchart Dokumen
Simbol Flowchart Dokumen merupakan simbol yang berguna untuk menyatakan input yang berasal dari kertas dokumen atau output yang dicetak kepada kertas.

Wah.. ternyata menggambar Flowchart ada aturannya yah.. Yup, benar sekali, untuk itu kita belajar membuat flowchart yang baik dan benar. Mengapa ? Karena untuk membuat sistem dibutuhkan kerjasama tim. Ada yang merancang alur sistem, ada yang merancang database, ada menganalisis sistem secara keseluruhan, dan ada yang melakukan teknis dalam pembuatan kode program. Nah, disini manfaatnya ketika kita membuat rancangan/blueprint dari sistem yang akan dibangun. Siapapun programmernya (profesional) pasti akan bisa mengimplementasikan rancangan tersebut kedalam kode program. Programmer akan lebih mudah memahami alurnya ketika telah dibuatkan kedalam bentuk Flowchart. Namun tidak serta merta langsung bisa membuatnya ya Guys. Pasti ada arahan dan koordinasi dari kepala pada tim tersebut.

Flowchart selalu diawali dengan simbol mulai dan diakhiri dengan simbol selesai. Setiap simbol dihubungkan dengan garis panah yang bernama garis alir (flow line).

Dalam pembuatan Flowchart usahakan konsisten dalam penggunaan bahasa. Jika kita menggunakan bahasa indonesia, seterusnya menggunakan bahasa indonesia, apabila kita menggunakan bahasa inggris, seterusnya menggunakan bahasa inggris.

Berikut ini adalah contoh flowchart program penjumlahan 2 buah bilangan.

Contoh Program Contoh Program Flowchart
#include<iostream>
#include<conio.h>
using namespace std;

int main(){
 //Deklarasi Variabel
 int bilangan_1, bilangan_2, jumlah;
 //Input
 cout<<"Masukkan bilangan 1 : "; cin>>bilangan_1;
 cout<<"Masukkan bilangan 2 : "; cin>>bilangan_2;
 //Proses
 jumlah=bilangan_1 + bilangan_2;
 //Output
 cout<<"Hasil Penjumlahan   : "<<jumlah;
 
 getch();
}

Baca Juga : Contoh Flowchart Perulangan dan Contoh Flowchart Percabangan

Program untuk membuat Flowchart yang biasanya digunakan yaitu :
yEd – Graph Editor
Microsoft Visio
Dia
Click Charts Diagram Flowchart Software
Pencil
Dynamic Draw
Edraw Mind Map
Software Ideas Modeler
Diagram Designer
Diagram Ring
Google Drive (Drawing)

Kalau saya lebih sering menggunakan aplikasi yED Graph Editor dan Microsoft Visio. Karena kedua aplikasi tersbut lebih mudah dalam pembuatan Flowchart dan memiliki tampilan yang mudah digunakan.

Demikian postingan tentang cara membuat flowchart yang baik dan benar. Semoga bermanfaat. Silahkan klik tombol bagikan/share dibawah ini agar lebih terasa manfaatnya bukan hanya untuk kita pribadi, tapi juga untuk orang lain yang membutuhkan. Terimakasih.

0 Response to "Cara Membuat Flowchart yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel